August 6, 2020

10 Besar Penyakit di Kab. Cirebon : 1. Nosofaringitis akuta ( Commond Cold ) 186.265. 2. Infeksi saluran pernapasan akut tidak spesifik 157.077. 3. Myalgia 130.221. 4. Diare dan Gastoenteritis 75.208. 5. Dermatitis lain tidak spesifik ( eksema ) 67.373. 6. Gangguan lain pada kulit dan jaringan subkotan yang tidak terklarifikasi 59.325. 7. Gastroduodenitesis tidak spesifik 57.858. 8. Hipertensi primer ( esensial ) 53.885. 9. Faringitis Akuta 49.783. 10. Tukak Lambung 49.083.

PELAKSANAAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS TAHUN 2019

Print pagePDF pageEmail page

Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik di era TI semakin tinggi, baik kualitas maupun kecepatan.  Masih adanya berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan melalui media massa terutama media sosial, sehingga dapat menimbulkan citra yang kurang baik terhadap pelayanan publik yang dilakukan pemerintah. Dalam era otonomi daerah fungsi pelayanan publik menjadi salah satu fokus perhatian dalam upaya peningkatan kinerja pemerintah daerah. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik (Puskesmas), maka perlu dilakukan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas

Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon telah melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di seluruh Puskesmas sejak tahun 2008. Pada tahun 2019 ini pelaksanaan Survei Kepuasan masyarakat di Kabupaten Cirebon dilakukan di seluruh Puskesmas sebanyak 60 Puskesmas.

Pelaksanaan survey dilakukan dengan bekerjasama dengan Ikatan Alumni Akper Muhammadiyah Cirebon (IKAAMUCI).

Dasar Hukum Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat di Institusi Pelayanan Publik yaitu  Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik

Tujuan dilaksanakannya survey kepuasan masyarakat ini untuk  mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan kesehatan di Puskesmas, dan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik (pelayanan kesehatan di Puskesmas).

Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Tahun 2019 di Puskesmas di wilayah Kabupaten Cirebon pada rentang  score tertinggi pada 98,54  (Indeks 3,941) dan terendah pada score 72,71 (Indeks 2,908).  Score rata-rata di kabupaten Cirebon mencapai 94,08 dengan Indeks Kepuasan masyarakat 3,763  (Kategori Baik).

Hasil Survei

  • 25 Puskesmas mendapat nilai kategori Sangat Baik.
  • 34 Puskesmas mendapat nilai kategori  Baik.
  • 1   Puskesmas mendapat nilai kategori  Kurang Baik

Jika dibandingkan dengan tahun 2018 hal ini terdapat peningkatan yang cukup signifikan. Capaian tahun 2018  Score hanya mencapai 76,53.

Foto-foto kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat.


Speak Your Mind

*