August 10, 2022

Methadone Obat Pencegah Penularan HIV

METHADONE disebutkan menjadi salah satu merek obat terbaru dalam mengurangi risiko penularan HIV melalui injeksi antarpasien. Penelitian yang dilakukan di Universitas of Montreal, Kanada tersebut menyebutkan bahwa penelitian ini memberikan bukti kuat mengenai efek terapi menggunakan obat Methadone dengan penurunan risiko penularan HIV melalui injeksi.

Penelitian dilakukan dengan mengamati sembilan penelitian terkait penularan HIV pada pria usia 26 hingga 39 tahun sebanyak 23.608 orang. Diketahui, peneliti menemukan bahwa OST, yakni terapi yang melibatkan obat Methadone dan Buprenorphine, mampu menurunkan risiko infeksi HIB hingga 54 persen.

Dalam pemaparan peneliti, hasil studi ini menunjukkan sisi positif pengobatan HIV dan pencegahan penularannya melalui terapi yang melibatkan Methadone. Namun, apa yang bisa terjadi jika obat penularan HIV benar-benar ditemukan.

Dr Bruneau, yang memimpin penelitian tersebut menyebutkan, sejauh ini diketahui bahwa injeksi menjadi penyebab 5 – 10 persen infeksi HIV dan AIDS di seluruh dunia. Sementara Methadone dan Buprenorphine merupakan obat utama yang digunakan untuk terapi bagi para penderita HIV dan AIDS. (Sciencedaily/*/OL-06)

Speak Your Mind

*