December 6, 2016

10 Besar Penyakit di Kab. Cirebon : 1. Nosofaringitis akuta ( Commond Cold ) 186.265. 2. Infeksi saluran pernapasan akut tidak spesifik 157.077. 3. Myalgia 130.221. 4. Diare dan Gastoenteritis 75.208. 5. Dermatitis lain tidak spesifik ( eksema ) 67.373. 6. Gangguan lain pada kulit dan jaringan subkotan yang tidak terklarifikasi 59.325. 7. Gastroduodenitesis tidak spesifik 57.858. 8. Hipertensi primer ( esensial ) 53.885. 9. Faringitis Akuta 49.783. 10. Tukak Lambung 49.083.

Transplantasi Sumsum Tulang Dapat Sembuhkan HIV


Infeksi HIV (Human immunodeficiency virus) hingga kini belum bisa disembuhkan. Tapi 2 orang yang menerima transplantasi sumsum tulang diketahui tidak lagi terdeteksi adanya HIV dalam sel darah selama 2 tahun.

Sebuah studi menunjukkan sel-sel induk dari sumsum tulang memberikan perlindungan terhadap tubuh dari kemungkinan terjadinya infeksi HIV lagi. Hal ini berdasarkan 2 orang laki-laki yang sudah lama terinfeksi HIV tidak lagi terdeteksi adanya virus tersebut di dalam sel darahnya setelah mendapatkan transplantasi sumsum tulang. Virus ini biasanya mudah terdeteksi dengan baik dalam limfosit laki-laki, yaitu sel darah yang bekerja untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh terhadap serangan. Namun virus ini mulai tidak terdeteksi setelah 8 bulan menjalani operasi dan bertahan hingga 2 tahun. Meski begitu para pasien yang dirawat di Brigham and Women’s Hospital (BWH) ini tetap mendapatkan terapi ARV (anti retro viral) sejak mendapatkan transplantasi. Obat ini tetap diperlukan karena bekerja menekan virus.
“Ini memberikan kita beberapa informasi penting, dan menunjukkan bahwa dengan terapi ARV sel-sel sistem kekebalan pasien tampaknya dilindungi dari kemungkinan infeksi kembali oleh HIV,” ujar Dr Daniel Kuritzkes, seperti dikutip dari Dailymail, Senin (30/7/2012).

Satu pasien menjalani operasi transplantasi sumsum tulang pada 2 tahun lalu, sedangkan pasien satu lagi pada 4 tahun lalu. Seiring waktu, sel-sel pasien ini digantikan oleh sel donor sehingga jejak dari virus HIV berkurang bahkan hilang.

“Kami berharap HIV bisa menghilang dari plasma pasien dan cukup mengejutkan saat menemukan tidak ada jejak HIV dalam sel. Langkah selanjutnya adalah menentukan apakah ada jejak HIV di dalam jaringan mereka,” ujar Dr Timothy Brown.

Saat ini tim peneliti sedang merancang studi yang memungkinkannya mencari jejak HIV di dalam jaringan, serta berencana lebih mempelajari pasien HIV positif yang telah menjalani transplantasi sumsum tulang.

sumber: health.detik.com


Speak Your Mind

*