December 6, 2016

10 Besar Penyakit di Kab. Cirebon : 1. Nosofaringitis akuta ( Commond Cold ) 186.265. 2. Infeksi saluran pernapasan akut tidak spesifik 157.077. 3. Myalgia 130.221. 4. Diare dan Gastoenteritis 75.208. 5. Dermatitis lain tidak spesifik ( eksema ) 67.373. 6. Gangguan lain pada kulit dan jaringan subkotan yang tidak terklarifikasi 59.325. 7. Gastroduodenitesis tidak spesifik 57.858. 8. Hipertensi primer ( esensial ) 53.885. 9. Faringitis Akuta 49.783. 10. Tukak Lambung 49.083.

Setup Layanan PTRM di Puskesmas Plumbon


Methadone-2Program Therapi Rumatan Methadone (PTRM) adalah sebagai bentuk memutus mata rantai penularan HIV/AIDS dari pengguna narkoba suntik ke cairan opioid. Methadone (Metadon) mempunyai khasiat sebagai suatu analgetik dan euforia karena bekerja pada reseptor opioid mu (µ) yang mirip dengan ikatan agonis opioid mu (µ) yang lain, misalnya morfin. Metadon adalah suatu agonis parsial opioid sintetik yang kuat dan secara oral diserap dengan baik. Metadon juga dapat diberikan secara parenteral maupun rektal, meskipun cara pemakaian yang terakhir tidak lazim dikerjakan

Metadon dipilih sebagai terapi utama substitusi karena memiliki efek menyerupai morfin dan kokain dengan masa kerja yang lebih panjang sehingga dapat diberikan satu kali sehari dan penggunaannya dengan cara diminum. Efek yang ditimbulkan metadon mirip dengan yang ditimbulkan heroin, namun efek “fly”-nya tidak senikmat biasanya pada metadon, sifat ketergantungannya tidak seburuk heroin dan gejala putus obatnya tidak seberat heroin.

Hadir pada kesempatan tersebut Kasat Narkoba AKP Hartono, Waka Polsek Plumbon, Camat Plumbon, Kuwu Plumbon dan Kepala Puskesmas Kedawung, Plumbon dan Suranenggala. Sedangkan pembicara utama adalah dr. Arifah Istiqomah, psikiatris PTRM RSHS dan Ibu Wina dari Dinas Kesehatan Provinisi Jawa Barat.

Program ini bisa terwujud jika didukung oleh para pemangku kepentingan serta dari para klien yang membutuhkan.


Speak Your Mind

*